Badan Kepegawaian Negara menggelar Rakornas Kepegawaian 2017

Jakarta - Direktur Utama Pelaksana Settap BAPERTARUM-PNS, Heroe Soelistiawan dan Sekretaris Pelaksana Settap BAPERTARUM-PNS, Linda Herawati menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian yang digelar oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (10/5). Rapat yang diselenggarakan oleh BKN ini mengambil tema 'Transformasi Digital dalam Manajemen ASN'.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengajak seluruh Kementerian dan Lembaga, baik pusat maupun daerah untuk bergerak menciptakan layanan kepegawaian berbasis digital. Hal itu disampaikan oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dalam sambutannya.

"Saat ini kita dituntut reformasi birokrasi secara cepat dengan memanfaatkan digitalisasi. Kita sudah tertinggal dengan negara lain yang memaksimalkan sistem informasi teknologi. Teknologi sangat membantu dalam memangkas birokrasi yang berbelit", ujarnya.

Rakornas dibuka oleh Wapres RI, Jusuf Kalla. Dalam sambutannya, Kalla mengingatkan aparatur negara untuk lebih meningkatkan pelayanannya pada masyarakat. Termasuk meningkatkan pelayanan berbasis digital. Kalla mencontohkan pelayanan berbasis digital tersebut bisa diaplikasikan dengan menerapkan e-goverment. Menurut Kalla, ada sejumlah hal positif yang didapatkan dengan pelayanan tersebut.

"Pertama, itu bisa cepat, lewat online, tanpa ketemu pejabat. Semua dapat dikurangi. Akibat lain adalah semua pegawai kantor pemerintah harus memperbaharui sistemnya," ujar Kalla.

Selain mengadakan Rakornas, pada kegiatan tersebut diadakan juga pameran yang diikuti oleh beberapa stakeholders. BAPERTARUM-PNS menjadi salah satu perserta pameran. Pameran ini dimanfaatkan untuk memberikan informasi layanan BAPERTARUM-PNS secara langsung kepada Perwakilan daerah, Kementerian, dan Lembaga yang hadir. Diharapkan perwakilan tersebut dapat memberikan informasi kembali kepada PNS yang ada di instansinya.