Informasi BAPERTARUM-PNS di Kemenkumham

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengadakan  Rapat Pembahasan Terkait Regulasi Peningkatan Kesejahteraan Pegawai DJKI yang salah satu agendanya sosialisasi BAPERTARUM-PNS pada Jumat (06/10). Acara bertempat di Aula Ditjen Kekayaan Intelektual dan dibuka oleh Kepala Bagian Kepegawaian, Slamet Riyadi. Slamet Riyadi menyampaikan kebutuhan papan saat ini sangat penting, acara ini salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh pegawai untuk memiliki rumah.

Sosialisasi BAPERTARUM-PNS disampaikan oleh Sekretaris Pelaksana BAPERTARUM-PNS, Linda Herawati. Linda menyampaikan saat ini tercatat masih ada 17,258 PNS di Kementerian Hukum dan HAM belum memiliki rumah, berdasarkan pendataan pada tahun 2015. Fasilitas layanan BAPERTARUM-PNS dapat dimanfaatkan oleh PNS untuk meningkatkan daya beli PNS untuk kebutuhan papannya. BAPERTARUM-PNS Setiap tahunnya mampu membantu PNS dalam hal bantuan uang muka untuk pembelian rumah.

Tidak lupa, Linda juga menyampaikan amanat Undang-undang nomor 4 tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat (TAPERA), dimana nantinya BAPERTARUM-PNS akan bertransformasi menjadi TAPERA. TAPERA tidak hanya melayani PNS akan tetapi seluruh pekerja yang ada di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, PNS yang belum memiliki rumah dapat segera menggunakan haknya untuk membeli rumah. Selain itu PNS dapat mengerti akan hak dan kewajibannya untuk menggunakan fasilitas layanan BAPERTARUM-PNS yang dapat mempermudah PNS dalam memiliki rumah.